Senin, 02 Januari 2012

Berat Jenis Zat Padat dan Zat Cair

BERAT JENIS ZAT PADAT DAN ZAT CAIR
M.5

I. TUJUAN
a.      Menentukan berat jenis zat padat berbentuk balok
b.      Menentukan berat jenis zat padat yang tidak beraturan
c.       Menentukan berat jenis zat cair dengan gelas ukur dan neraca teknis
d.      Menentukan berat zat cair dengan Piknometer
e.       Menentukan berat jenis zat cair dengan Neraca Morh
f.       Mengenal dan belajar mempergunakan alat-alat yang bersangkutan
g.      Melatih ketelitian dalam mengukur

II. TINJAUAN TEORI
a.      Pengertian Massa Jenis
Setiap benda pasti mempunyai massa, pengertian massa itu sendiri adalah ukuran bertahannya suatu benda terhadap suatu gaya. Jenis zat dapat diketahui dengan mencari massa jenisnya. Massa bergantung pada banyaknya partikel yang menyusun sebuah materi. Massa jenis merupakan suatu perbandingan antara massa benda atau zat dengan volume atau zat. Massa jenis suatu zat adalah bilangan yang menyatakan massa zat itu dibagi dengan volumenya.

b.      Pengertian Berat Jenis
Gaya tarik gravitasi yang dikenakan bumi pada suatu benda disebut berat benda. Berat setiap benda yang massanya diketahui dapat ditentukan dengan perbandingan langsung bila kita mengukur berat setiap satuan massa. Berat jenis pada sebuah benda adalah gaya yang bekerja pada benda itu karena pengaruh faktor gravitasi bumi dan gaya massa benda. Berat jenis zat cair adalah perbandingan suatu materi sekaligus harga mutlak zat-zat ringan dari air. Dalam mengukur suatu berat jenis suatu benda, selain faktor massa dan percepatan gravitasi, berat jenis juga bergantung pada volumenya, dan untuk menentukan berat jenis suatu benda terlebih dahulu harus menemukan wujud materi benda tersebut. Berat jenis suatu zat adalah bilangan yang menunjukkan berapa gram beratnya 1 cm3 zat itu. Berat 1 cm3 satu zat dengan zat yang lain mempunyai harga yang berlainan. Misalnya air raksa 13,6 gram, minyak tanah 0,8 gram, platina 21,4 gram dan sebagainya.
Berat jenis suatu bahan didefinisikan sebagai perbandingan kerapatan bahan tersebut terhadap kerapatan air pada suhu 4,00C. berat jenis (specific gravity disingkat SG) adalah bumi tanpa dimensi maupun satuan. Jika kerapatan air 1,00 gr/cm2 = 1,00 x 103 kg/m3, maka, berat jenis setiap bahan akan sama persis secara numerik atau dengan kecepatannya yang ditetapkan dalam gr/cm3 atau 10-3 kali kecepatannya yang dinyatakan dalam kg/M2 .
Namun ada juga pendapat yang menyatakan bahwa berat jenis (bobot jenis) merupakan besaran turunan yang menyatakan berat atau bobot dalam gr/cm3, suatu zat atau bobot dalam kilogram/liter zat. Berat jenis pada sebuah benda. adalah gaya. yang bekerja pada benda itu karena pengaruh faktor gravitasi bumi, gaya, dan massa benda. Walaupun dalam kehidupan sehari-hari kita sering mengabaikan perbedaan antara berat benda dan massa benda, karena pada hakekatnya kedua besaran ini adalah berbeda.
Menurut definisi berat jenis air dapat dikatakan berat jenis adalah perbandingan dengan air tetapi sekaligus mengatakan harga mutlak zat-zat yang lebih ringan dari pada air misalnya minyak, mernpunyai berat jenis lebih dari 1 (satu), sebagal contoh air raksa yang mempunyai berat jenis 13,6 N/m3.
Untuk menentukan berat jenis, sebuah benda. terlebih dahulu, kita harus membedakan wujud zatnya (padat atau cair), kemudian juga untuk benda padat apakah bentuknva beraturan atau tidak beraturan. Hal ini perlu diperhatikan karena cara menentukan berat jenis masing-masing benda berbeda-beda.

c.       Perbedaan massa dengan berat jenis
Massa
Berat
Banyak zat atau materi yang terkandung suatu benda.
Tidak berubah sebab tidak tergantung gravitasi.
Satuan massa : kg, g.
Alat ukur massa : neraca O Hauss, timbangan, dacin, timbangan duduk

Besarnya gaya gravitasi bumi yang dialami suatu benda
Dapat berubah sebab tergantung gaya gravitasi
Satuan berat sama dengan satuan gaya yaitu: N, dyne, kgf, gf
Alat ukur berat : Neraca pegas ( dinmometer )

atau download aja DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar