Sabtu, 15 Oktober 2011

Modulus Young

MODULUS YOUNG

I. TUJUAN
Menentukan elastisitas dari bahan besi, kayu, kuningan

II. DASAR TEORI
A. Bahan Elastis dan Plastis
• Bahan Elastis
Elatis adalah suatu sifat yang dimiliki oleh zat karena pengaruh suatu gaya berubah menjadi bentuk lain, bila gaya tersebut dihilangkan maka akan kembali kebentuk semula.
Bahan elastis ialah bahan yang mudah diregangkan serta selalu cenderung pulih ke keadaan semula,dengan mengenakan gaya reaksi elastis atas gaya tegangan yang meregangkannya. Pada hakikatnya semua bahan memiliki sifat elastis meskipun boleh jadi amat sukar diregangkan.
• Bahan Plastis
Bahan Plastis ialah sifat suatu benda yang tidak dapat kembali ke bentuk semula.
B. Pengertian Elastisitas
Elastisitas bagi suatu benda sangat penting. Suatu benda masih dapat dikatakan elastis jika saat gaya yang bekerja pada benda tersebut ditiadakan dan benda kembali pada keadaan semula. Sifat elastisitas suatu benda memiliki batas.
Elastisitas adalah kemampuan suatu benda untuk kembali ke bentuk awalnya segera setelah gaya luar yang diberikan kepada benda tersebut dihilangkan. Ketika kita ingat dengan kata “elastisitas”, kita biasanya membayangkan sesuatu yang bersifat lentur seperti karet gelang. Jika kita renggangkan sejauh-jauhnya, posisi karet menjadi tegang, dan bila gaya dihilangkan, posisi karet yang tadinya tegang akan kembali mengendur dan akhirnya kembali ke posisi semula.
C. Batas elastis
Benda-benda elastik, seperti karet gelang biasanya juga memilki batas elastisitas tertentu. Jika gaya luar yang diberikan melebihi gaya batas elastisitasnya, maka perubahan bentuk yang dialami benda justru akan bersifat permanen. Bahkan, bila gaya yang kita berikan melebihi gaya batas elastisitas, maka pemberian gaya tersebut dapat menyebabkan benda patah atau putus, karena telah kehilangan kemampuan elastisitasnya (contohnya pada kasus karet gelang yang ditarik dengan gaya terlalu besar, maka karet gelang tersebut akan putus). Hal ini disebabkan tiap-tiap benda memiliki batas elastisitas yang berbeda. Antara besi, kayu dan bahan lainnya juga memiliki batas yang berbeda-beda.
D. Tegangan dan Regangan
• Tegangan
Tegangan atau stress adalah perbandingan antara gaya dan luas penampang, sehingga daapat dituliskan dengan rumus :



atau download aja DISINI 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar